Noken AS, Bikin klotok-klotok

Semalam PB susah tidur, dan akhirnya berdiam diri di depan laptop jadul. Alhasil mendapat suatu lamunan panjang, yang didalamnya terdapat sesuatu polemik. Hemss, selama ini kalau motor sport 150cc milk Honda terkenal dengan klotok-klotoknya. Apa sih kira-kira, kok bisa timbul suara semacam itu. Hingga menjadi julukan yang lumayan santer di dunia maya dan nyata, padahal kalau dibilang CB 150 R merupakan produk andalan Honda untuk menghadang sang kompetitor.

Setelah dalam lamunan panjang, mendapatkan sebuah bisikan ghaib dari sang burung malam. Kalau penyebabnya adalah “Noken AS” jadi selama ini, yang bikin suara tak nyaman adalah bagian vitalnya tersebut. Ya wajar saja kalau bisa di bilang si CB 150 R ini masih baru, kok sudah timbul suara berisik klotok-klotok. Bikin yang punya tidak nyaman, dan kebakaran jenggot juga. Kenapa Noken AS bisa menimbulkan suara begitu??

-. Noken AS CB 150 R, tidak memakai bearing.

-. Noken AS memakai Bosh.

Dibagian itulah, celah yang bikin bunyi-bunyian.

Dibagian itulah, celah yang bikin bunyi-bunyian.

Sesuai dengan sedikit gambaran diatas itulah, PB mendapat jawaban dimana kok suara klotok-klotok bisa timbul. Karena menggunakan bosh, dan bukan bearing kanan-kiri. Alhasil, Noken As ada speling yang menimbulkan goyangan kekanan-kekiri ketika mesih bergerak. Walau celah itu sekecil apapun, namanya di dalam mesin dengan ribuan putaran tinggi alhasil bunyilah timbul.

Dengan adanya begitu, sekali lagi bisikan dari burung malam. Memberikan pencerahan kepada para pengguna CB 150 R solusi yang lumayan jitu, dan sepertinya gampang sekali. Hanya saja, tetap harus bongkar mesin. Apa solusinya, sbb:

  • Kasih o-ring 0,5 mm s/d 1 mm (Dimana celah itu tadi, dibagian kanan Noken AS)
  • Bahan O-ring harus kuningan atau tembaga, karena untuk menahan panas dan gesekan.
  • Jangan asal-asalan o-ring, harus kuat dan tahan panas+gesekan. Karena Riskan Hancur, kalau berbahan baja biasa.

Ingat untuk yang mau memasang, jangan asal-asalan o-ring biasa. Karena riskan hancur, dan malah menjadikan penyakit baru. Maka dari itu, bisikan dari sang burung malam mewanti-wanti kalau harus benar-benar o-ringnya berbahan tahan panas+gesekan. Semoga postingan ini bisa memberikan solusi yang pasti untuk para penunggang CB 150 R dimana, hingga sekarang masih di hantui si Klotok-klotok. Terimakasih😀

About PotretBikers

Saya blogger yang berkecimpung dengan dunia Otomotif, Gadget, Kuliner, Fotografi, dan Wisata. Jika berminat untuk kerja sama atau sekedar menghubungi, bisa invite BBM : 51809127 & WhatsApp : 081 290 2727 00

Posted on 6 January 2014, in Info terbaru untuk Umum, New Info terhangat and tagged , , . Bookmark the permalink. 73 Comments.

  1. di klaim ja lsg ..da jaminan jg gratis…

  2. lama lama tembaganya habis juga itu😆

    Menjelang dzuhur awb meninggalkan air terjun untuk sholat sekalian makan siang, selesai makan siang ternyata teman- teman pada Mau lihat candi, mampir lagi deh ke candi mendut. Karena ngantuk awb tinggal tidur dulu, di pelataran candi, sedangkan yang lain jalan jalan .

  3. burung malam ki sopo?burung hantu po burung gagak?:mrgreen:
    http://mumet-ndhase.com/

  4. Wakakak, Burung Hantu sepertinya…xixixixi, ditoleh ilang…:mrgreen:

  5. durung pernah bongkar punya.e cb150r ak..

  6. cb ne di dol wae ganti piksen

  7. main aman saja..klaim ke ahass..

  8. Tri_Aja_Gunung_Kidul

    piye iki kok bisa brisik…

  9. orang aring pie ki

  10. punyaku dulu klaim, trus diganti baru, eh , selang hitungan minggu masih klotok juga (lagi)
    sementara itu, noken as lawas, ternyata diutak-atik sama kepala mekanik ahass, diakali
    ternyata dipress bisa, mbuh piye carane, piye itungan-e..yang jelas, sampe setahun pake nih, gak ada keluhan blas…klotok minggat, tenaga tetep jos😉

    • Nice info,mas. Yang pasti, ini yang tak share adalah cara mekanik AHASS namun tidak mau disebutkan namanya, hehehehe….sepertinya tidak jauh dari cara ini😆

      • benulll…sing penting joss hasil-e😆
        kayak-e, emang clearance antara camshaft/noken-as dan holder-nya terlalu renggang, jadi oblaknya melebihi toleransi, gitu katanya si kepmek sambil nunjukin hasil pengukuran dibandingkan sama batas toleransi di buku mekanik-nya CMIIW

      • Siep, kalau gitu. Sudah ketemu kan caranya, hehehe😀 (Tapi cela’an sudah terlanjur membahana) hehe😀

      • kembali ke person-nya ya kang…gak semua kejadian buruk harus disikapi dengan buruk juga tho?? (padahal asline yo mangkel, jik nyar kok muni aneh😆
        perlu sedikit sabar…katanya wong sabar pantatnya lebar:mrgreen:

      • Wakaka, kalau lebar bikin Jok CB150R cepet rusak loch…#echh..upsss😳

  11. ganti noken as yang pake bearing sekaligus 2 biji…

  12. g punya cibi ane gan..

    Sssstt..Kawasaki bakal launching Ninja 250 Mono RR akhir bulan. – http://wp.me/p208su-1Du

    Ninja 250 Mono RR pengganti Ninja 2tak? – http://wp.me/p208su-1DA

    Dilema Retribusi Parkir Tepi Jalan Kabupaten Blitar. – http://wp.me/p208su-1DJ

  13. aneh..komstir/swing arm yg gerakannya sedikit aj pake bearing, noken as yg muter beribu rpm ga pake bearing..

  14. Lha kenapa bisa gitu? Semua motor H 150cc apa kena penyakit klotok2 semua mas? atau cuma apes aja dapet yang kurang bagus?

  15. klem noken as ke ahass, suara klotok tetep masih ada tapi lebih kecil & masih terdengar.

Silahkan Komentar Dan Nitip Jemuran juga boleh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: