Kopling NVL bermasalah!!

Sudah terhitung ada 3 konsumen di Jatim, tentang komplain soal kopling NVL yang bermasalah. Lagi-lagi PB mendapatkan bisikan dari Sang Burung Malam, yang tentunya sumber dapat di percaya. Selama ini NVL selalu aman-aman saja, namun ternyata ada masalah juga dalam dirinya. Soal koping NVL sebetulnya sudah pernah dibahas oleh Blogger kondang “Juragan Pertamax” namun kala itu, yang dibahas soal perbedaan kampas yang dipakai antara NVL & Old V-ixion.

Mungkin dari itulah, dari perbedaan yang sudah di jelaskan oleh artikel Juragan Pertamax itu. Menjadikan permasalahan ini sekarang timbul, memang kalau dipakai selama masih dalam jalanan yang langsam-langsam kendala ini tidak begitu terlihat. Namun ketika dipakai dalam kondisi jalan yang menanjak ekstra tinggi, semisal penanjakan di G. Bromo,dsb. Gejala ini barulah terasa, terdengar suara berisik dan kasar dari dalam mesin. Maka dari itu selama ini fine-fine saja sepertinya tidak ada kendala yang terjadi di kalangan masyarakat si pemakai NVL.

Kenapa bisa begitu, inilah analisa sederhana yang di lakukan oleh sang Burung Malam. Mungkin dari gambar berikut dapat menjelaskan sedikit, bagaimana permasalahan itu muncul:

Gambar. Pinjem dari Juragan pertamax

Gambar. Pinjem dari Juragan pertamax

Sudah jelas, dari gambar itu dilihat dari kodenya kampas terdiri dari 5 plat. Namun plat kampas yang tengah memiliki kode tersendiri, tidak sama dengan 4 yang lainya. 4 plat kampas memiliki kode (50C-E6321-00) sedangkan yang tengah memiliki kode (1PA-E6331-00), setelah di lakukan uji sederhana oleh sang Burung Malam. Ternyata kampas yang tengah, memiliki komponen yang lebih lunak daripada 4 kampas lainya. Usut punya usut, ternyata part ini konon katanya adalah produk lokal(yang tengah). Sedangkan yang 4 lainnya adalah produk import, jika benar begitu. Apakah tujuan sebenarnya, apakah untuk menekan biaya produksi, atau tujuan lainnya?? Yang pasti hanya ATPM yang mengerti😆

Dari kejadian inilah, sang Burung Malam menitipkan pesannya kepada tulisan sederhana ini. Yaitu apabila si pemakai NVL merasakan hal yang sama seperti yang di alami oleh 3 konsumen di atas tadi, hanya simple saja solusinya. Ganti ke 5 plat kampas kopling tadi dengan Honda GL series, atau di ambilkan dari generasi Yamaha Jupiter MX. Karena partnya motor-motor ini jauh lebih bagus, daripada kampas kopling bawaan NVL itu tadi. Semoga artike ini menginspirasi…. Terimakasih😀

About PotretBikers

Saya blogger yang berkecimpung dengan dunia Otomotif, Gadget, Kuliner, Fotografi, dan Wisata. Jika berminat untuk kerja sama atau sekedar menghubungi, bisa invite BBM : 51809127 & WhatsApp : 081 290 2727 00

Posted on 7 January 2014, in Info terbaru untuk Umum, New Info terhangat, Tips & Trik Otomotif and tagged , , . Bookmark the permalink. 69 Comments.

  1. Burung malam.kui sopo sang

    Cak ek*
    Opo pandor*

  2. ini dia ternyata…wakakkaakkk…mongtor sport pada bermasalah nih…

  3. penasaran kie kang, sama burungnya kan pb..#uupsss
    maap, burung malamnya maksud-e😆
    lha bisikan sama telusurnya oke punya je…

  4. naik naik ke puncak gunung tinggi tinggi sekali…………. wkwkwkwkwwk jangan naik ke puncak gunung om melasi nvl nya…….. wkwkwkwkwkkw

  5. Tidak mungkin…mongstor tidak ada cacat’x…ini mongstor sempurna duniaakhirat…
    Skali colek lngsng terbang…!

  6. Wow sapa ya “Si Burung Malam”

  7. nyimak saja aku bro😛

  8. burungmu selalu keluar malam ya..

  9. kebiasaan yamaha nih, kasus vega R ke vega ZR!

  10. analisa pemakaian se icrit part lokal begini : jika dalam sebulan penjualan NVL tembus 20.000 biji , maka dalam setahun tembus 240.000 biji, maka didalam biji2 NVL tsb sdh ada penghematan 240.000 keping kampes kopling dlm setahun…. bisa dibayangkan brp rupiah dong ????

  11. klo kampas kopling gl series memang kayaknya bagus tuh.tiger ku 5 tahun baru ganti kampas kopling itupun karena pingin ganti saja.di cek kondisi sih masih layak.padahal sering dipakai jarak jauh pernah jakarta semarang dan kini bolak balik singkawang mempawah pp 140 km.mungkin karena bawaan kali yang alon alon asal kelakon(memang gak bisa dan gak berani ngebut)

    • Mantab itu, sepertinya motor-motor keluaran lawas memang memiliki part yang lebih bagus. Banyak motor-motor sekarang, malah mengambil part-part lama. Contohnya ya ini..heheh😀

  12. don’gret kah ???😆

  13. Pnya ane old piksen,thun 2011 km udh 51rb bru gnti kmpas kopling sekali gnti pnya scorpio Aj̶̲̥̅̊ǻ biar nampol

  14. menurut pengalaman ane gan,,
    1,kode part 1PA,,, dilepas dganti punya scorpio bisa atw diganti 50C,,,semuanya
    2,per kopling diganjal ma ring nozel(nozel diesel) solar 4 buah buat ganjal perkopling 1/1 g usah gnti per kopling racing atw yg lain,kaku n murah
    hasil tarikan lebih yahud
    oli idola enduro racing 4t

  1. Pingback: Rider NVL Harus Telaten Ngerawat Motornya, 2 Macam Kasus Lagi Mengancam NVL (New Vixion Lightning) | motorgoodness

Silahkan Komentar Dan Nitip Jemuran juga boleh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: