Fungsi dan Kegunaan Tripod untuk Kamera

Sudah pada kenal dong tentunya yang namanya tripod, dan sudah tentu bukan lagi hal yang asing lagi buat kawan semua. Bagi yang masih awam ataupun sudah profesional, tentunya sudah bukan barang asing untuk sebuah tripod kamera. Kali ini PB akan mengajak sedikit mengenal fungsi dan kegunaan dari tripod itu sediri, selama ini pastinya tripod adalah barang untuk kaki-kaki menaruh kamera biar bisa berdiri sendiri dan tidak goyang. Itu argumen betul juga sebenarnya, kali ini PB akan sedikit mengurai menurut pandangan PB dan kapan harus di gunakannya.

Tripod berguna untuk meningkatkan ketajaman dari sebuah hasil photo, karena dengan tripod kita bisa menseeting ISO rendah.

Tripod berguna bagi kita yang suka memotret landscape, dengan memakai tripod kita mampu mencapai angel yang sulit.

Tripod juga wajib digunakan saat kita melakukan pemotretan SS(Slow Speed) atau LE(Ladies Escort Long Exposure), sudah pasti kalau kita sedang melakukan metode ini tidak mampu menahan camera agar tidak goyang dalam tempoe beberapa detik.

Tripod terkadang juga berguna untuk menaruh flash eksternal agar mencapai pencahayaan yang maksimal sesuai dengan kehendak sang juru kamera, bisa dikatakan sebagai pengganti lighstand.

Tripod sangat berguna disaat kita melakukan foto bareng, dan sang juru kamera juga ingin ikut dalam pemotretan tersebut. Bisa mensetting dengan timer ataupun menggunakan remote shuter. (Asal jangan “Duck Face” yaa . . . .:mrgreen: )

Tripod dibutuhkan saat kita memotret photo dokumentasi dimana sangat di perlukan titik yang sama dalam berulang-ulang, semisal waktu pemotretan untuk photo KTP, KTA, dsb.

Tripod mendukung saat kita sedang kelelahan dalam memotret, karena kamera DSLR itu rata-rata bobotnya lumayan berat. Apalagi kalau sudah menggunakan lensa tele yang sampai 300mm keatas, dijamin dalam 10x klik saja tangan kawan semua pada pegel-pegel😆

Penggunaan Tripod😀

Semoga artikel ini dapat menginspirasi kawan semua, dimana saat tepat menggunakan dan membawa Tripod Kamera. Tentu saja untuk mengurangi beban yang ada, ketika kita sedang melakukan pemotretan. Jadi perjalanan dalam memotret lebih enjoy dan menyenangkan, sehingga bisa menimbulkan IDE yang fresh dan unik. Masa’ mau memotret masa ketika unjuk rasa(Demonstran) menggunakan tripod?? Kan gak lucu juga, keburu kena lemparan batu(kaya inspirasi Fotografer Perang iklan di Tipi) :mrgreen:

About PotretBikers

Saya blogger yang berkecimpung dengan dunia Otomotif, Gadget, Kuliner, Fotografi, dan Wisata. Jika berminat untuk kerja sama atau sekedar menghubungi, bisa invite BBM : 51809127 & WhatsApp : 081 290 2727 00

Posted on 22 January 2014, in Info terbaru untuk Umum, Serba-Serbi Dunia Photography and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 55 Comments.

  1. #nyimak

  2. swiip…pernah iseng nanya harga tripod,ternyata di kisaran 100rb – 300rb.

  3. Saya punya 2 tripod, yg satu berukuran besar dan kokoh dibawa kalau lagi jalan2 pake mobil, yg satu lagi berukuran kecil dan ringan saya bawa kalau sedang jalan2 pake motor. Tapi yg ukuran kecil ini tdk bisa dipakai utk kamera DSLR apalagi pake telelens, bisa jatuh hehe..

  4. lebih stabil en anteng kalo pas mbikin video..
    koyo kenal tersangka sing nek gambar kuwi…mblayu sik..😆

  5. pengin kamere DSLR rung keampean

  6. pake tripod biar tukang potonya ikutan narsis,rek.. 😉

  7. tripod ball josssssssssssssssss

  8. saya blm pnya tripod.. kalau perlu2 masih pinjem🙂

  9. Dulu magang di semen gresik pas survey selalu pakai trippod untuk menentukan elevasi😀

  10. mbah wir maning modele

  11. motret malam wajib makai tripod nih😛

  12. Wow, wonderful blog format! How lengthy have you been running a blog
    for? you made running a blog glance easy. The full glance of your website is fantastic, let alone the content material!

  13. wahh.. bermanfaat benar infonya kang..
    jadi 100% deh keputusan tuk beli tripod buat kamera ane, sebelumnya ragu untuk beli tripo ne.. dan thank you.. yah..

    keep post another information kang….

  1. Pingback: SS itu menyenangkan sekali | Potret Bikers.com

Silahkan Komentar Dan Nitip Jemuran juga boleh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: