Wayang Kampung Sebelah (WKS)

Jika di TransTV ada YKS, di MNC TV ada WKS(Wayang Kampung Sebalah). PB biasanya tidak mengerti soal cerita wayang kulit pada umumnya, namun untuk kali ini PB selalu ketagihan nonton WKS. Karena WKS ini memiliki ke unikan tersendiri dalam menyajikan wayang kulitnya, bentuk gambaran tokoh-tokohnya merupakan asli bentukan orang saat ini(mirip karikatur, tokoh-tokoh di Indonesia). Misal saja : Inul Daratista(di WKS, ada Minul), H. Rhoma Irama, Syahrini,dsb. WKS ini memiliki beberapa tongkat penggerak(tidak hanya 3 seperti di wayang kulit aslinya), jadi saat digerakkan sangatlah lucu. Wayang ini dibawakan dalam bentuk dialog Bahasa Indonesia-Jawa, makanya PB lebih paham dan bisa mengerti alur ceritanya. Serta leluconya yang sering bikin gelak tawa, karena tingkah tokoh-tokoh WKS ini memiliki ke unikan sendiri.

Pict From : Google

Tokoh-Tokoh Utama dalam WKS🙂 .

Eyang Sidik Wacono : Tokoh ini menggambarkan seorang sesepuh desa, yang di anggap sebagai panutan oleh masyarakat desa. Yang sering kali menjadi pembimbing dalam memecahkan segala problema yang ada dikehidupan sehari-hari, karakternya tegas dan bijaksana.

Lurah Somad : Seorang lurah desa, yang menggambarkan pejabat Indonesia saat ini. Hanya mengikuti arus aliran yang ada, tak jarang pula melakukan korupsi,dsb. Karakternya terkadang bijaksana, namun tak jarang pula hanya mengikuti urusan kantong pribadi saja. Dialognya yang selalu di bolak-balikan, membuat yang lain semakin pusing.

Sumber Pict : fanspage WKS

Hansip Sodrun : Petugas keamanan desa, yang sangat nurut terhadap perintah atasan. Karakternya sangat polos dan penurut, serta dialognya yang dibawakan selalu saja konyol dalam kepolosan🙂 .

Kampret : Seorang preman desa, yang suka minum oplosan. Namun kata-katanya tak jarang pula membawa khas kebijakan, jadi bisa di bilang Preman bersahaja. Karakternya kadang keras, namun tak jarang pula menjadi penengah dalam masalah.

Ini beberapa yang PB pahami, selama mengikuti acara ini. Acara ini di MNC TV biasa di siarkan hari Juma’at s/d Senin, tiap pk.23.00wib. Jadi saat tak ada acara keluar kota, PB selalu mantengi MNC TV setiap hari Jum’at s/d Senin. Banyolan dan dialognya yang selalu saja membawakan cerita kehidupan masyarakat Indonesia ini (oleh dalang: Ki Jlitheng=hitam pekat), sangatlah menarik untuk PB ikutin selalu. WKS ini memang media untuk menyentil pemerintahan Indonesia yang saat ini bisa di bilang kacau dan tak stabil, hehee…🙂

Biografi
Mengangkat persoalan-persoalan yang serius tidak harus dengan pengungkapan yang serius merupakan karakter pertunjukan Wayang Kampung Sebelah. Muatan sinisme, satire, hingga kritikan tajam yang begitu dominan dalam pertunjukan ini dikemas secara segar penuh humor, baik melalui format alur, penokohan, dialog maupun syair lagu iringan.
Pertunjukan Wayang Kampung Sebelah tidak menggunakan iringan gamelan, melainkan menggunakan iringan musik. Lagu-lagu iringannya lebih banyak menyajikan lagu-lagu karya cipta musisi Wayang Kampung Sebelah sendiri untuk memperkuat karakter pertunjukan. Berdasarkan instrumentasi dan aransemennya, bentuk musik iringan Wayang Kampung Sebelah termasuk kategori musik alternatif. Guna lebih memperkuat aspek entertainment-nya dapat dihadirkan bintang tamu artis penyanyi / pelawak yang populer. Dalam pertunjukan Wayang Kampung Sebelah, kisah di depan layar bukanlah semata-mata milik dalang. Pemusik maupun penonton berhak nyeletuk menimpali dialog maupun ungkapan-ungkapan dalang. Dalam setiap adegan sangat dimungkinkan berlangsungnya diskusi antara tokoh wayang, dalang, pemain musik, maupun penonton. Bahkan untuk kepentingan tertentu dapat dihadirkan nara sumber untuk melakukan diskusi membahas suatu persoalan sesuai tema yang disajikan.
DURASI PERTUNJUKAN
Pertunjukan Wayang Kampung Sebelah berdurasi sekitar 2 – 3 jam. Untuk kepentingan / kondisi tertentu, dapat juga menyajikan pertunjukan dalam durasi kurang dari 60 menit.

Tentang

Pertunjukan Wayang Kampung Sebelah tidak menggunakan iringan gamelan, melainkan menggunakan iringan musik. Lagu-lagu iringannya lebih banyak menyajikan lagu-lagu karya cipta musisi Wayang Kampung Sebelah sendiri untuk memperkuat karakter pertunjukan.
Ada yang penasaran dengan ini, silahkan pantengi di MNC TV setiap hari Jum’at s/d Senin pk.23.00wib!! Dijamin kalau mengikuti cerita dari awal, hingga selesai dijamin ngakak abis. Hingga bisa mengusir kejenuhan soal acara televisi saat ini, yang terkadang isinya hanya pemberitaan soal KKN, kalau gak gitu problema artis Indonesia. So…jangan lupa, ya cicipi acara ini😆

About PotretBikers

Saya blogger yang berkecimpung dengan dunia Otomotif, Gadget, Kuliner, Fotografi, dan Wisata. Jika berminat untuk kerja sama atau sekedar menghubungi, bisa invite BBM : 51809127 & WhatsApp : 081 290 2727 00

Posted on 4 March 2014, in Artikel Ringan / Ndagel and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 74 Comments.

  1. wkwkwk, coba sampai sini yak.. rame tuh..

    Mesin Crankcase Vario 125 Pecah broo!
    http://rezaholic.wordpress.com/2014/03/03/mesin-crankcase-vario-125-pecah/

  2. we dadi sodrun pantes lohh

    Sirkuit Blitar ditargetkan akan siap digunakan tahun 2015. http://wp.me/p208su-1MO

  3. pernah skali nonton… cuma kurang lucu yah… menurutku hehehe, lebih suka lihat Lawak Lawyer club hehehe

  4. Baru tahu ada tontonan ini hehe..

  5. inulnya mana gan hahahahahahaha………………

  6. hahaha..blm pernah nonton WKS

  7. wah, belum pernah nonton…

  8. wayang dagelan kreasi baru…. 😉

    kreatif juga…

  9. aq jam 9 wis turu om😆

  10. Baru tau. Nanti nonton ah😀

  11. bagus yah acaranya….baru tau,,,,,,pasti banyak yg bilang baru tau….

  12. gaweanku download videone nan gone yu tuk, eh youtube . .
    asik tenan . .
    syahmarni ft. bang koma ramarimari, . .
    whahahaha . . .

    http://arrayprojects.wordpress.com/2014/03/01/amsterdam-kota-populasi-sepeda-terbesar-di-dunia/

  13. Wayahe ngantuk kang. Gak konsen ndelok jam semunu. Padahal ɑ̈ ̣̣̥̲̣̣̣̥kυ̲̣̥ seneng wayang😀


    Artikel misteri
    http://ndeso94.com/2014/03/04/horor-x-misteri-mitos-tumbal-5-6-bulan-sekali-di-bendungan-gerak/

  14. wah, demenanku ki mas, pualing seneng ngrungokne pak lurah nek lagi pidato, Sama pas Komaramarimari konser.

  15. guweh blm pernah nonton

  16. wayang inovatif
    kalo kau tetap seneng wayang konvensional
    wayang kulit asli

Silahkan Komentar Dan Nitip Jemuran juga boleh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: