Apa itu Rule of Third??

Masih ada sambungan dengan artikel kemarin, tentang “Ingat pesan guru Fotografi, tempo doloe“silahkan klik linknya. Di artikel itu disentil soal 9 kotak emas frame, sebenarnya kata-kata itu adalah teknik untuk pengambilan suatu komposisi. Kalau biasanya yang sering dipakai adalah teknik pengambilan komposisi berdasarkan “Rule of Third” atau sepertiga bagian. Jadi seolah kita menghayal waktu membidik sebuah obyek, membayangkan adanya 9 kotak pembagi ini. Ibarat contoh, PB ambilkan foto yang kemarin saja. Biar tetap ada keterkaitan dengan tips dari sang master, hehehe πŸ˜‰

Harusnya POI (Point Of Interest) diletakkan dalam titik hijau itu πŸ˜‰ .

 

Pesan master dalam ketikan πŸ˜‰ :

Terapkan metode 9 kotak emas frame, tepatkan obyek yang ditonjolkan pada kotak ke 2 di pojok kanan / kiri.

Jadi kalau mengambil contoh gambar di atas, berarti obyek yang ditonjolkan(POI) harusnya diletakan Β±di atas perahu sebelah kanan atau sebelahnya perahu yang sebelah kiri(bulatan yang berwarna hijau itu adalah titik mata).Β Mungkin harusnya waktu itu bisa memanggil nelayan, atau kalau perlu bawa SPG/MODEL untuk berpose pada titik kotak frame yang dimaksud. Jadi photo lebih memiliki sebuah cerita, dan terkesan indah. Karena ada perpaduan yang seimbang dalam mengkomposisikan sebuah POI kedalam photo, jadi lebih balance dan Β enak dilihat πŸ˜‰ .

Meskipun tidak ada aturan yang pasti mengenai komposisi yang bagus, namun suatu pedoman “Rule Of Third” bisa menjadikan modal dalam mendapatkan suatu hasil photo yang lebih bagus dan bercerita. So siapa yang mau praktek ditempat itu, PB mau dong jadi modelnya :mrgreen: !! Semoga artikel ini dapat menginspirasi kawan semua, yang masih NewBie kaya PB πŸ˜‰ Thanks you πŸ™‚

Advertisements

About PotretBikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

Posted on 10 March 2014, in Serba-Serbi Dunia Photography and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 43 Comments.

  1. [Masayung Anastasia] @sikonyos

    “mulai nggarisi view finder ah….”

  2. ince inpo gaan πŸ˜€

    NJKB V Storm udah keluar, moge suzuki buat lawan ER6-versys nih! πŸ˜€
    http://rezaholic.wordpress.com/2014/03/10/suzuki-v-storm-tandingan-er6-dan-versys-udah-keluar-njkb-ya-lhoo/

  3. Seharusnya mas PB di-photosop dulu sebelum di rilis, taruh modelnya dekat perahu. Rekayasa pototika πŸ˜€

  4. om modelnya saya aja ya wwkwkk πŸ˜† http://gandem21.wordpress.com

  5. lanjut terus mas tipsnya, saya otodidak pake kamera hape aja… πŸ˜€

  6. Nambah satu lagi ilmu motograpi gue… tapi masih susah untuk mempraktekannya, karena objek foto bisanya bergerak cepat. jarang dapet yang view pemandangan soalnya… πŸ˜€

  7. matur nuwun,suhu…
    tambah ilmu maneh…

  8. Kalau motret suatu objek tetapi juga menggambarkan secara luas lokasinya biar lebih bercerita gimana kang? Ane kalau njepret sesuatu pasti objek/modelnya tak taruh dipinggir foto/pojok foto. Biar tahu di mana lokasinya. Sman pasti bisa tahu gaya jepret’an ane lewat artikel biasanya πŸ˜€


    Paten”an
    http://ndeso94.com/2014/03/10/honda-patenkan-desain-naked-cbr300r-dan-cbr250r-next-tiger/

    • nah itu, sebetulnya tidak ada aturan yang saklek, untuk rule of third ini hanya garis besar saja, namun semuanya tergantung keadaan dan situasi. (Photo sampean juga sudah benar kok, kalau memang lebih menonjolkan lokasi dimana obyek sedang berada, dengan menaruh dipojok/pinggir πŸ˜‰ #Keep Jepret selalu,mas… πŸ˜‰

  9. waw….ijin nyimak dulu suhu

Silahkan Komentar Dan Nitip Jemuran juga boleh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: