Review Olie Mesran Super For Motor, setelah pemakaian 3 bulan (baru ganti sekali)

Terhitung sejak 1 November 2014 lalu, PB menggunakan Olie Pertamina Mesran Super For Motor(artikel disini). Bisa dibilang memang agak keterlaluan, masa baru 3 bulan pemakaian masih sekali diganti. Maklum si JuLe belakangan ini jarang sekali dipakai, meskipun dipakai jauh beberapa kali selama 3 bulan lalu. Nah..kebetulan baru saja PB ganti kemarin sore, dan inilah beberapa penampakannya 😀

Berkurang sekitar 220ml

Terlihat jelas dari penampakan photo diatas, jika setelah pemakaian ± 3 bulan (terhitung 1 November 2014). Ada perubahan fisik tentunya, yang sebelumnya berwarna kuning jernih. Sekarang jadi kelihatan hitam mengental, dan ada kekurangan volume yang diperkirakan sekitar ± 220ml. Menurut salah satu mekanik BeRes Yamaha diSurabaya, katanya berkurangnya volume tersebut masih bisa dikatakan normal (a.k.a tidak ada masalah kebocoran). Padahal motor PB tidak mengeluarkan asap pada knalpotnya, dan busipun juga kering tidak ada ciri-ciri olie masuk keruang bakar. Kenapa kok bisa berkurang, konon katanya sang mekanik BeRes itu dikarenakan adanya panas terhadap olie dan akhirnya menguap lewat selang pernafasan yang ada pada mesin. Itu loo, selang hitam besar yang biasanya dari mesin masuk ke Filter udara pada karburator 😉

Penampakan olie setelah pemakaian 3 bulan, dan sebelum dituangkan ke dalam botol bekas. So masih baru keluar dari dalam bak mesin 😀 .

Jarak tempuh yang sudah ditempuh dengan oli Mesran Super For Motor ini, diantaranya :

  • PP ke puncak B29 (Surabaya – Lumajang), dengan route yang ekstreem pada tgl. 9 November 2014 (artikel disini)
  • 2 x PP Surabaya-Blitar, dengan jarak tempuh ±720km tempoe hari.
  • Keliling Sidoarjo – Surabaya, meskipun hanya beberapa kali saja.

Mungkin kalau diTotal semua, masih sekitar ±1500km saja, pasalnya speedometer JuLe PB sudah lama rusak. Sudah mencoba beberapa kali dibenahin, namun sebentar kembali lagi rusak. Maklum motor sudah uzur, jadi lebih mementingkan kondisi mesin saja yang lebih focus dirawat.

My Opinion,

Meskipun olie Mesran Super For Motor hanyalah olie murahan saja(Rp.26.000,-/botol), namun kwalitas kemampuanya cukup bagus dan memang recomend buat motor lawas seperti Yamaha Jupiter Z 2003 standart (JuLe). Meskipun sudah hampir 3 bulan tidak diganti, dan beberapa kali menempuh jarak yang lumayan jauh dan ekstreem. Namun tidak mengurangi performa motor lawas PB ini, bisa dibilang minim penurunan performa. Meskipun kuat tidak diganti hingga 3 bulan, namun tidak disarankan untuk terlalu lama dibiarkan. Soal itu PB khilaf saja, hehehe… 😀 biasanya 1 bulan sekali pasti sudah ganti.

Bagaimana kawan, tertarik untuk menggunakan di motor lawasnya?? Apakah tidak bisa dipakai untuk motor baru, melihat dari ukuran API SERVICE SG JASOM MA sae 20-50. Sepertinya memang cocok buat motor-motor yang sudah lama pakai. Tapi tidak ada salahnya diapakai untuk motor yang sudah 2 tahun pemakaian, siapa tahu juga cocok 😀 Thanks, semoga menginformasi 😀

Advertisement

About PotretBikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, Travel

Posted on 16 January 2015, in Tips & Trik Otomotif and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 42 Comments.

  1. sip..klo saya sekarang pakai castrol buat si blacky kanzen pesona.. kadang bisa 4 bulan sekali baru ganti oli.. 😆

  2. 3 bulan? Saya biasanya 1000km ganti
    hati2 gan kalo lagi parkir
    Yamaha R25 “JEBOL” Gara-gara Pasir Dan Kecap…!!! – http://wp.me/p3RQvE-3oS

  3. pernah liat di spanduk spbu, ternyata begitu toh performanya 😎

  4. Hemm…
    Berarti aq kadang kebabalasan nih si Supri
    2000 – 2500 km kadang 😦
    —–
    http://nyobamoto.com/2015/01/16/daftar-pebalap-dan-tim-motogp-2015-beserta-negara-asal/

  5. bedanya ma yang mesran botol merah apa ya???

  6. aku pake enduro racing kayaknya lho . kurang dari yang bekas mesran itu .. kalo ga salah itu di garis ke 2 , lupa aku bener ga . jarak tempuh pun lupa 😀 ngek ngek

  7. masih jarang yg jual nih

  8. API SG ….? pantas cuma 26rb. Granny aja sekarang olinya udah 37rb tapi API SJ….

    kl oli ane cari yang bagus deh. soalnya kl mesin kenapa-napa, kita juga yang repot

    • Iya om, kalau untuk motor yang masih kinyis-kinyis layaknya pakai olie yang bagus. Ini kan motor sudah uzur, jadi beberapa part sudah longgar. So kata mekaniknya, cari yang agak kental olienya #CMIIW 😉

      • kl kental ane juga pakai SAE 20-50 om. bukan 10-30 / 10-40. Setahu ane… oli makin tinggi api donutnya, makin bagus. Sedang api donut SG itu jaman oli pertamina masih mesran…, oli tahun 90-an,

        Btw granny itu grand 95 om. udah tua, tp masi pecicilan di jalan.
        makanya ane panggil dy granny

      • Nice inpo om…Grand memang joss, sayang sepertinya mesin-mesin sekrang tak seperkasa tahun2 itu #Cmiiw 😉

  9. saya belum pernah liat yg botol warna putih,
    cz di rak yg biasanya warna putih ya si castrol
    cb tanya2 lah, kbetulan 20 w 50 juga yg biasa sy pake di gl 200 th 95.
    sofar baru pake enduro non racing 4t yg 20 w sie sbnernya

  10. Saya jg pake mesran untuk mesin genset saya…hehehe
    Kirain mesran cuma buat diesel genset…ternyata ada yg untuk motor jg

  11. oli nya berkurang mngkin diombe tuyul 😀

  12. penguapannya gilaaaakkkk…..

  13. Akhirnya supra saya nyoba juga oli mesran super for motor yg baru berumur dua tahun (2014), kagum bner harga murmer tp feedbacknya banyak positif. Trutama saat suhu dingin, staternya mudah lngsung langsam pdhal oli ini cukup kental. Pokoknya makasi buat info n sarannya 🙂

Silahkan Komentar Dan Nitip Jemuran juga boleh

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: